Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicicipi

Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicicipi

Makanankita.com – Ketika datang ke Kota Surabaya, tak lengkap rasanya jika tidak menjajal kuliner yang khas disini. Kota Pahlawan menjadi salah satu kota yang terkenal dengan beragam kuliner yang tentunya bercita rasa yang lezat dan khas. Nah, beberapa kuliner yang akan dibahas dibawah ini wajib untuk dicicipi saat memiliki kesempatan datang ke Surabaya. Berikut ini beragam kuliner khas Surabaya :

Rujak Cingur

Ingat kuliner Surabaya, tentu mengingat Rujak Cingur. Ke Surabaya tidak mencicipi Rujak Cingur khasnya terasa bagaikan makan sayur tanpa garam. Rujak Cingur merupakan makanan khas Surabaya yang komposisinya antara lain adalah berbagai sayuran yang dipadukan bersama dengan daging sapi kemudian disiramm memekai bumbu kacang dan petis.

Tahu Tek

Masih seputar makanan khas Surabaya yang memiliki komposisi bumbu kacang dan petis. Selain Rujak Cingur, makanan khas Surabaya yang penyajiannya disiram memakai bumbu kacang dan petis adalah Tahu Tek. Tampilan Tahu Tek memang bisa dikatakan cukup sederhana, tapi kuliner yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu primadona di Kota Surabaya. Disajikan bersama lontong, tahu goreng dan kentang yang digunting, kemudian ditambahkan tauge dan acar dan lengkap dengan kerupuk membuat Tahu Tek menjadi satu kuliner yang sangat istimewa.

Rawon Setan

Rawon merupakan salah satu masakan khas Jawa Timur, sebuah kuliner yang disajikan bersama kuah semacam soto namun warnanya kitam pekat yang berasal dari adanya kluwak. Rawon khas disuguhkan bersama dengab daging sapi yang dipotong dan digoreng terlebih dahulu. Nah, Rawon yang khas di Surabaya sendiri adalah Rawon Setan. Disebut setan karena daging yang disajikan pada Rawon di warung ini memiliki ukuran yang jumbo namun tetap empuk saat dimakan.

Lontong Balap

Satu kuliner khas Surabaya yang juga bisa digolongkan sebagai primadona-nya juga adalah Lontong Balap. Kuliner yang satu ini terdiri dari lontong yang disajikan bersama dengan tahu goreng, lentho dan tauge yang kemudian disiram dengan kuah khas.

Pecel Semanggi

Pecel adalah satu kuliner khas Jawa Timur, namun pecel yang ada di Surabaya memiliki khas tersendiri. Jika kebanyakan pecel disajikan dengan sayuran seperti daun singkong, bayam, kangkung, daun pepaya, kacang panjang dan juga tauge, namun di Surabaya ada pecel khas dengan sayuran yang digunakan adalah Semanggi. Dan yang khas lagi adalah disajikan bersama krupuk puli.

Baca juga: Resep Mie Aceh




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *