}); Jenis-Jenis Lumpia Yang Ada Di Indonesia

Jenis-Jenis Lumpia Yang Ada Di Indonesia

Lumpia adalah makanan yang khas dari semarang, tetapi pasti diwilayah-wilayah lain di Indonesia anda akan mudah menemukan pedagang yang menjual lumpia. Kebanyak orang semarang menyebutnya lunpia, sebenarnya sama saj karena baik kata lun ataupun lum berarti lunak atau lembut, tergantung pada dialek pengucapannya saja. Sedangkan pia artinya kue, dari penyebutan kata ini sebenarnya kita bisa menduga bahwa lumpia seharusnya tidak digoreng melainkan basah.

Sebenarnya jajanan yang satu ini tidak hanya ada di Indonesia saja, dinegara-negara lain juga ada beda nama dan isiannya saja, lumpia bisa kita jumpai di Tiongkok, Vietnam dan Filipina. Negara Filipina juga menyebut jajanan ini dengan lumpia, sedangkan di Vietnam nama jajanan ini yakni cha gio dan di Tiongkok disebut chun-yuna, kadang-kadang diucap seperti chun juan atau chun cuen.

Di Indonesia sendiri kita mengenal beberapa jenis lumpia berdasarkan jenis isiannya dan cara membuat lumpia tersebut. Lumpia lebih cocok dikategorikan sebagai makanan selingan. Kunci sukses membuat lumpia ini yaitu pada kulit lumpia dan isiaanya. Jika kulit lumpia itu kualitasnya kurang bagus, ada kemungkinan robek pada saat pembuatan lumpia.

Apa saja jenis-jenis lumpia yang ada di Indonesia?

1. Lumpia Basah/Tidak Digoreng

Lumpia basah ini yang akan pertama kita bahas, lumpia basah ini hanya isiannya saja yang dimasak, setelah isiannya dimasak anda hanya perlu memasukan isian tersebut kedalam kulit lumpia, kemudian dilipat dan lumpia basah pun siap disajikan. Kulit lumpia basah berbeda teksturnya dengn lumpia kering, kulit lumpia basah memiliki tekstur yang lebih lembut dan sedikit basah. Lumpia basah disebut-sebut sebagai kudapan khas dari Bandung yang terkenal akan ke aneka ragaman khas makanannya.

2. Lumpia Kering/Digoreng

Sebenarnya lumpia kering hampir sam dengan lumpia basah namun berbeda dalam cara pembuatannya. Dalam membuat lumpia basah kulit lumpia yang digunakan tidak dimasak terlebih dulu hanya isiannya saja yang dimasak, sedangkan lumpia kering cara pembuatannya baik itu kulitnya atau isinnya harus digoreng terlebih dahulu. Jika dilihat dari segi kesehatan lebih sehat lumpia basah, karena lumpia goreng memiliki kolestrol yang tinggi. Lumpia kering berasal dari kota Semarang, lumpia kering dari Semarang ini katanya cikalbakal lumpia menjadi makanan khas Indonesia.

3. Lumpia Bakar

Jika biasanya lumpia basah atau digoreng, kudapan khas Bogor ini malah menjadi keunikan tersendiri bagi pencinta makanan yakni lumpia bakar, cara pembuatan lumpia bakar ini yaitu kulit lumpia dan isinya dibakar dibara api sampai kulit lumpia berubah menjadi berwarna kecoklatan. Selain rasa lumpia yang enak aroma lumpia bakar ini menjadi ciri khas tersendiri. Namun belum banyak pedangan yang menjual lumpia bakar ini, kebanyakan pedangan menjual lumpia basah dan kering saja. Bagi anda yang sedang melakukan diet kudapan ini bisa dijadikan alternatif.

Itulah jenis-jenis lumpia yang ada di Indonesia, apakah anda sudah mencoba ke 3 jenis kudapan ini?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *