gejala penyakit diare pada anak

Efektif Untuk Pencegahan Diare

Salah satu hal kecil yang dapat dilakukan sebagai cara pencegahan diare bisa mengurangi penderita penyakit diare. Misalnya dengan memberikan makanan dan minuman matang atau telah dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, tidak memakan makanan yang mentah dan bila diperlukan konsumsi vitamin untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit diare, menjaga kebersihan merupakan salah satu cara ampuh untuk mencegah kesehatan tubuh.  Penyakit diare adalah suatu penyakit dimana seseorang akan mengalami buang air kecil lebih dari 3 kali dalam waktu 24 jam. Biasanya orang yang terkena penyakit diare akan mengeluarkan fases yang lembek dan bercampur dengan air tidak padat seperti fases pada orang dalam keadaan sehat.

Pencegahan penyakit diare ini dapat dilakukan oleh semua orang dengan cara – cara yang dapat dibilang sangat mudah. Pada bayi dapat dilakukan dengan cara selalu memberikan ASI secara eksklusif dan memperbaiki mutu gizi maupun kebersihan dari makanan pendamping. Ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan sebagai langkah mencegah diare antara lain yaitu :

  • Pemberian ASI secara eksklusif pada anak hingga usia 2 tahun, disamping itu beri asupan makanan lainnya yang dapat menambah gizi serta nutrisi pada bayi.
  • Konsumsi makanan yang telah diolah secara higenis.
  • Rebuslah air sebelum diminum. Hal ini di anjurkan agar bakteri dan kuman yang terdapat dalam air mentah dapat terbunuh kerika air di rebus hingga mendidih.
  • Cuci semua buah – buahan dan sayur – sayuran sebelum dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh.
  • Masak hingga matang semua jenis daging dan makanan laut sebelum di konsumsi.

pencegahan diare dapat juga dilakukan dengan cara mencuci tangan. Mencuci tangan yang dilakukan tidak hanya dengan air saja, melainkan dengan menggunakan sabun juga. Sangat disarankan untuk menggunakan lifebuoy sebagai sabun yang telah didedikasikan untuk kesehatan. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun lifebuoy maka bakteri dan kuman yang menempel pada tangan dapat hilang. Hal tersebut membuat kondisi tubuh terjaga ketika akan menyantap makanan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *