Cara Membuat Masakan Enak dengan Sedikit Garam

Cara Membuat Masakan Enak dengan Sedikit Garam

Garam merupakan bahan atau bumbu masakan yang sangat umum ditemukan di dapur. Fungsi garam tentu saja untuk memberikan rasa asin pada masakan. Dengan rasa asin yang pas tentu saja masakan akan terasa lebih enak dan sedap. Namun dibalik rasa asin dari garam ini ternyata mengandung berbagai macam penyakit yang siap mengganggu kesehatan Anda. Penyakit yang mengancam kesehatan Anda juga merupakan penyakit berat. Seperti stroke, darah tinggi dan sebagainya. Lantas bisakah tetap memasak makanan enak dengan kandungan garam rendah?

Jawabannya tentu saja bisa bahkan untuk bisa memberikan rasa sedap dengan kandungan garam yang sedikit juga tak sulit. Cara mudah untuk bisa mendapatkan masakan enak dengan sedikit kandungan garam adalah sebagai berikut:

  • Gunakan berbagai macam bumbu yang alami. Bumbu yang alami bisa Anda peroleh dari berbagai macam bumbu dapur ataupun aneka rempah.
  • Lebih baik gunakan bahan makanan yang masih segar saja. Karena bahan makanan yang masih segar atau masih alami mengandung kadar garam yang sangat rendah.
  • Hindari mengkonsumsi makanan kaleng karena dalam makanan kaleng terkandung kadar garam yang sangat tinggi.

Itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk bisa menyedapkan makanan tanpa harus menggunakan garam.

Namun dengan mengetahui tips tersebut bukan berarti mengharuskan Anda untuk menjauhi garam 100%. Anda tetap boleh menggunakan garam tetapi dengan batas yang masih wajar. Karena garam tidak akan terlalu berbahaya apabila digunakan dalam jumlah sedikit atau dalam batas yang masih wajar. Tapi jika Anda menggunakannya dalam jumlah yang cukup besar tentu saja akan membahayakan kesehatan Anda bukan?

Memang penggunaan garam dalam jumlah banyak sebaiknya tidak direkomendasikan. Tetapi bukan berarti Anda justru mengganti penggunaan garam dengan penyedap rasa. Seperti MSG atau penyedap rasa instan lainnya. Justru dengan mengganti dengan penyedap rasa kadar garam yang dihasilkan akan semakin tinggi saja. Selain itu penggunaan MSG tidak hanya berbahaya untuk kesehatan fisik saja. Tetapi juga bisa mengganggu perkembangan otak seseorang terutama jika usianya masih anak-anak.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *